Freelancer Website Developer dan Digital Marketing Enthusiast

Memahami Era Baru Pemasaran: Apa Itu Digital Marketing dan Bedanya dengan Marketing Konvensional?

Teman-teman disini pernah mendengar kata “Digital Marketing”? tapi tidak tahu pasti, apa sih sebenarnya Digital Marketing itu? dan apa bedanya dengan teknik marketing yang dilakukan di luar sana? 

Nah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan kepada teman-teman apa itu Digital Marketing sebenarnya dan sepenting apa sih Digital Marketing di era sekarang? Mari kita simak bersama ya!

Sebelumnya apakah teman-teman tahu, pengguna internet yang tercatat menurut Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) di Indonesia mencapai 63 Juta pengguna dan dari angka tersebut 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Nah dengan informasi yang kominfo bagikan diatas tentu akan berdampak pada perilaku masyarakat dan pelaku marketing di Indonesia yang dari sebelumnya menerapkan marketing konvensional sekarang beralih ke digital marketing. 

Apa sih Digital Marketing Itu?

Digital Marketing sesuai dengan namanya, adalah proses marketing/pemasaran yang dilakukan menggunakan media digital melalui media sosial atau jaringan internet, Hal ini menjadikan digital marketing sebagai cara baru pelaku usaha/bisnis untuk menjangkau customer dengan lebih luas lagi dan menhasilkan keuntungan yang lebih banyak juga.

Perbedaan Marketing Digital dan Konvensional

Apa bedanya dengan teknik marketing konvensional? Nah digital marketing sendiri memiliki cukup banyak perbedaan dibandingkan dengan marketing konvensional. Marketing Konvensional sendiri cenderung menggunakan media atau channel marketing yang lawas seperti media cetak, radio, televisi dan papan iklan. Sedangkan untuk digital marketing sendiri sesuai namanya “Digital”, lebih menggunakan media atau channel yang bersifat digital untuk kebutuhan pemasarannya, Seperti website , email dan media sosial.

Baca Juga : Kuasai 7 Channel Digital Marketing ini untuk Mengubah Bisnis Anda di 2024!

Digital Marketing vs Marketing Konvensional

Berikut adalah kelebihan Digital Marketing dibandingkan dengan marketing konvensional  : 

  1. (Cost) Digital marketing tidak membutuhkan dana yang besar  dalam prosesnya, seperti running Ads atau Influencer marketing dimana kita sebagai marketer dapat mengatur budgeting marketingnya sendiri. Dibandingkan marketing konvensional seperti menyewa papan iklan/baliho yang telah memiliki harga fix dan lebih mahal.
  2. (Engagement) Digital marketing memungkinkan kita sebagai marketer untuk menjangkau audiens yang lebih banyak dan luas tanpa terbatas dari letak usaha kita, dibandingkan marketing konvensional yang hanya dapat menjangkau sejumlah kecil audience saja.
  3. (Reach) Digital marketing dapat menjangkau audiens seluruh indonesia bahkan luar negeri jika diinginkan, sedangkan marketing konvensional dapat dibatasi pada wilayah geografis tertentu.
  4. (Conversion) Digital marketing memiliki tingkat conversion rate yang lebih tinggi, Dibandingkan dengan conversion dari marketing konvensional.
  5. (Result) Digital marketing di dalam prosesnya hasil yang didapatkan dapat diukur dengan metrics dan melalui tools digital, sedangkan untuk marketing konvensional kita tidak pernah tahu apakah usaha promosi atau iklan kita menyasar target yang kita inginkan atau tidak.
  6. (Targeting) Digital marketing memungkinkan kita untuk menargetkan audiens kita secara personal dengan berdasarkan usia, minat, perilaku, dan lainnya. Sedangkan dengan marketing konvensional kita tidak dapat melakukan penargetan seperti itu.

Kenapa Digital Marketing itu penting?

segala strategi marketing apapun itu maupun itu secara konvensional atau digital tentu dapat membantu bisnis/usaha teman-teman untuk berkembang dan menghasilkan keuntungan yang diinginkan. Tetapi perlu di ingat kembali bahwa pada era sekarang dunia sudah lebih berkembang ke era digital dan akan terus berkembang lebih besar lagi terutama di Indonesia.

Maka dari itu sebagai pelaku usaha atau marketer harus mengetahui dan mempelajari strategi marketing yang satu ini yaitu “Digital Marketing”. dengan berbagai kelebihannya yang melebihi marketing konvensional, digital marketing dapat dipraktekkan pada bisnis pada level apapun dan dapat dimulai dengan modal berapapun.

Mulai dari pesan teks hingga media sosial, begitu banyak teknik atau strategi digital marketing yang dapat dilakukan untuk berkomunikasi dengan audiens teman-teman dan menghasilkan keuntungan yang lebih dari sebelumnya, maka tidak ada salahnya mencoba dan belajar Digital marketing. 

Terima kasih teman-teman yang sudah membaca hingga akhir, semoga tulisan saya dapat membantu teman-teman!

Share the Post:

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Join Our Newsletter

Scroll to Top
×